Cara Mencegah Kanker Serviks Yang Mudah Dilakukan

6 Cara Mencegah Kanker Serviks Yang Mudah Dilakukan

Cara Mencegah Kanker Serviks ,- Kanker serviks termasuk jenis kanker pembunuh nomor satu bagi wanita di Indonesia. Yang mana setiap 1 menit, seorang wanita di Indonesia meninggal karena kanker serviks.

Penyakit ini dapat dialami oleh semua perempuan dari usia berapa pun. Karena itu, sebaiknya Anda mewaspadai dan melakukan pencegahan sejak dini.

Cara Mencegah Kanker Serviks

Penyebab dan Gejala Kanker Serviks

Kanker serviks merupakan jenis kanker yang tumbuh pada leher rahim wanita. Yang mana kanker ini disebabkan oleh human papiloma virus (HPV) yang menular melalui hubungan seksual, seperti anal, oral atau vaginal.

Virus ini juga mudah berpindah dan menyebar melalui sentuhan kulit. Penggunaan wc umum yang terinfeksi HPV dapat menularkan kepada orang yang menggunakannya jika tidak dibersihkan dengan baik.

Ketika pertama kali terpapar virus HPV, kanker serviks sulit untuk dideteksi dan gejala baru akan muncul ketika sel kanker telah menyebar ke jaringan lainnya.

Walaupun sulit terdeteksi, namun penyakit ini dapat ditandai dengan ciri-ciri sebagai berikut :

  • Nyeri saat buang air kecil.
  • Sakit pada daerah pinggul.
  • Berkurangnya berat badan.
  • Timbul keputihan abnormal.
  • Tubuh mudah merasa lemah.
  • Pembengkakan pada salah satu atau kedua kaki.
  • Ketika menstruasi, darah keluar dalam jumlah banyak dan berlebihan.
  • Nyeri ketika berhubungan intim, bahkan terkadang disertai dengan pendarahan.

Apabila Anda mengalami ciri-ciri diatas, sebaiknya segera periksa ke dokter untuk memastikan apakah Anda menderita kanker serviks atau tidak.

6 Cara Mencegah Kanker Serviks Sejak Dini

obatkankerserviksalami.com ,- Meskipun kanker serviks termasuk penyakit mamatikan bagi kaum wanita. Tetapi justru kanker jenis ini adalah satu-satunya kanker yang dapat dicegah.

Berikut beberapa cara mencegah kanker serviks yang bisa Anda lakukan, yakni :

  1. Melakukan Pap Smear (Skrining Serviks)

Cara paling umum untuk mencegah kanker serviks yaitu melakukan pap smear. Pap smear adalah alat skrining untuk mendeteksi adanya kanker serviks.

Sebaiknya wanita mulai melakukan tes ini sejak usia 21 tahun. Wanita yang berusia 21 hingga 29 tahun setidaknya melakukan tes pap smear setiap 3 tahun sekali.

  1. Vaksin HPV

Vaksin HPV dapat membantu mencegah berkembangnya infeksi virus HPV dalam tubuh, bahkan vaksin ini aman untuk dilakukan anak-anak yang organ reproduksinya sudah mulai aktif.

Karena itu, cara mencegah kanker serviks yang satu ini dapat dilakukan sejak anak-anak perempuan berusia 12-13 tahun dan diulangi setiap 6 bulan sebanyak 3 kali pemberian.

  1. Hindari Rokok

Rokok memiliki sifat oksidatif yang dapat memicu sel kanker muncul dan berkembang menjadi lebih ganas. Dalam setiap kepula asap rokok mengandung 4.000 racun kimia berbahaya dan 43 diantaranya bersifat karsinogenik atau merangsang tumbuhnya kanker.

  1. Melakukan Seks Aman

Lebih dari 90% kanker serviks disebabkan oleh infeksi virus HPV yang penyebarannya melalui hubungan seksual yang tidak aman. Karena itu, gunakan kondom ketika berhubungan seksual untuk mengurangi risiko tertular tertular HPV.

Selain itu, orang yang sering bergonta-ganti pasangan seksual memiliki risiko tinggi tertular HPV. Wanita yang memiliki satu pasangan pun dapat terinfeksi virus ini apabila pasanganya mempunyai banyak pasangan seksual lain.

  1. Menjaga Kebersihan Vagina

Anda harus selalu menjaga kebersihan vagina khususnya ketika menstruasi dan keputihan. Gunakan caira antiseptik kewanitaan yang mengandung povidone iodine dapat Anda lakukan untuk menjaga kebersihan vagina.

  1. Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat akan jauh lebih baik daripada gaya hidup yang tidak teratur. Selain menjaga kesehatan, dengan gaya hidup sehat akan terhindar dari beberapa penyakit yang menyerang tubuh, termasuk kanker serviks.

Melakukan gaya hidup sehat dengan memakanan makanan sehat yang kaya akan serat dan vitamin serta melakukan olahraga secara teratur akan membantu Anda agar terhindar dari infeksi HPV.

Itulah 6 cara mencegah kanker serviks yang dapat Anda lakukan sejak dini. Jangan menunggu hingga gejala kanker muncul, segera lakukan pap smear jika Anda merasa berisiko terkena kanker jenis ini.

Posted by :

Obat Kanker Serviks Alami

1 Trackback / Pingback

  1. Tanaman Ampuh Untuk Mengatasi Kanker Serviks Tanpa Efek Samping

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*