Inilah Pentingnya Pap Smear Bagi Wanita Yang Telah Menikah

Pentingnya Pap Smear Bagi Wanita ,- Kanker serviks yang baru di periksakan setelah gejala muncul bisa dianggap sudah terlambat untuk ditangani. Hal ini karena pada kondisi tersebut, sel kanker biasanya sudah menyebar ke bagian lain.

Karena itulah, penting bagi setiap wanita untuk melakukan pemeriksanan pap smear secara berkala untuk mendeteksi adanya kelainan sel yang berisiko menjadi sel kanker.

Pentingnya Pap Smear Bagi Wanita

Pentingnya Pap Smear Bagi Wanita

Pap smear adalah suatu pemeriksaan mengenai kondisi sel-sel pada serviks (leher rahim) dan vagina. Pemeriksaan ini disarankan untuk dilakukan secara berkala bagi wanita yang sudah pernah berhubungan seksual.

Selain berguna untuk menilai kesehatan organ kewanitaan, pap smear juga berguna sebagai upaya untuk mendeteksi kanker serviks sejak dini. Bila sel kanker cepat terdeteksi, maka peluang Anda untuk sembuh dari kanker akan semakin besar.

Jika Anda melakukan perawatan pap smear dari awal, Anda dapat mencegah kanker serviks. Dan jika Anda sudah terkena kanker serviks stadium lanjut, Anda dapat memiliki kesempatan hidup sebesar 70% selama 5 tahun ke depan.

Tetapi ketika kanker telah menyebar, kesempatan hidup akan menurun hingga dibawah 20%. Kanker serviks yang terjadi berulang bahkan memiliki kesempatan hidup yang lebih rendah.

Prosedur Pemeriksaan Pap Smear

Untuk mengambil sampel dalam pemeriksaan pap smear, dokter akan menggunakan alat spekulum yang dimasukkan melalui mulut vagina. Alat ini berguna untuk memperluar lapang pandang dengan membuka mulut vagina sehingga area serviks dan vagian dapat terlihat.

Kemudian dokter akan mengambil sedikit sampel sel dari leher rahim dengan menggunakan spatula. Sampel sel tersebut akan diuji di laboratorium untuk melihat adakah perkembangan sel-sel yang abnormal pemicu kanker atau tidak.

Umumnya wanita merasakan nyeri dan kram pada vagina ketika tes berlangsung akibat adanya gesekan. Terkadang pendarahan ringan dari vagina setelah tes dilakukan pun dapat terjadi.

Sekitar 2 hari sebelum melakukan pap smear, usahakan tidak dalam keadaan sedang haid, hindari berhubungan seksual, membersihkan vagina, menggunakan obat atau krim pada vagina. Hal ini agar mendapatkan hasil tes pap smear yang akurat.

Kapan Pemeriksaan Pap Smear Sebaiknya Dilakukan ?

Pemeriksaan pap smear sebaiknya dilakukan, jika wanita telah berusia 21 tahun ke atas. Tetapi, jika Anda sudah aktif berhubungan seksual sebelum usia tersebut, sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan ini.

Pap smear disarankan untuk dilakukan setiap 3 tahun sekali untuk wanita berusia 21-65 tahun. Sementara untuk wanita 30-65 tahun yang menjalani pap smear dan pemeriksaan HPV (virus, penyebab utama kanker serviks) dapat melakukannya setiap 5 tahun sekali.

Dokter akan menyarankan pap smear lebih sering dilakukan jika pemeriksaan menunjukkan hasil yang abnormal, mempunyai sistem imun yang lemah, terserang virus HPV, melakukan kemoterapi, atau pernah menjalani transplantasi organ.

Berapa Biaya Pemeriksaan Pap Smear ?

Di Indonesia, Yayasan Kanker Indonesia memberikan pelayanan pemeriksaan pap smear dan deteksi dini kanker lainnya dengan harga yang relatif murah yakni hanya Rp. 50.000 sampai Rp. 100.000.

Sementara di beberapa rumah sakit, biasa pemeriksaan pap smear hanya sekitar Rp. 400.000 untuk pap smear yang berbasis cairan.

Tetapi bagi Anda yang keberatan dengan biaya terserbut, Anda tidak perlu khawatir, karena BPJS kesehatan juga sering menggelar pemeriksaan pap smear gratis. Jadi, jangan menunda-nunda lagi untuk melakukan pemeriksaan pap smear.

Dengan rutin melakukan pemeriksaan pap smear, Anda dapat mendeteksi dini kanker serviks. Dan jika ditemukan sel-sel bersifat kanker, dokter dapat mengatasinya lebih awal sehingga tingkat kesembuhan semakin tinggi.

Demikianlah informasi kami seputar Pentingnya Pap Smear Bagi Wanita. Sebaiknya jangan tunda lagi untuk menjalani pap smear secara teratur sebagai upaya mencegah dan mendeteksi dini kemunculan kanker serviks. Ingat! Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati.

~~Terimakasih Telah Berkunjung dan Semoga Bermanfaat~~

Posted by : obatkankerserviksalami.com

1 Trackback / Pingback

  1. Waspada! Ini 6 Penyakit Yang Ditimbulkan Virus HPV

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*