Wajib Tahu! Inilah Penyebab Kanker Serviks Paling Utama

Ketahui Penyebab Kanker Serviks Paling Utama

Penyebab Kanker Serviks Paling Utama ,- Sangat penting bagi kita para wanita untuk mengetahui penyebab utama kanker serviks, utamanya jika kita para wanita sangat rentan terkena jenis kanker yang ganas dan berbahaya ini.

Kanker serviks termasuk jenis kanker yang sangat berbahaya karena banyak penderita yang meninggal akibat kanker yang satu ini. Dimana angka kematian akibat kanker serviks tergolong cukup tinggi.

Penyebab Kanker Serviks Paling Utama

Di Indonesia, kanker serviks menempati posisi ketiga penyebab kematian setelah kanker payudara dan kanker kolorektal. Angka kematian yang tinggi tersebut dikarenakan terlambatnya penanganan, mengingat kanker serviks tidak dapat dikenali dan tidak menimbulkan gejala pada tahap awal.

Untuk itu, sangat penting bagi kita para wanita untuk mengetahui apa saja Faktor Penyebab Kanker Serviks Paling Utama.

Penyebab Terjadinya Kanker Serviks

Kanker serviks terjadi ketika sel-sel yang sehat mengalami mutasi genetik atau perubahan pada DNA. Dimana mutasi ini dapat mengubah sel normal menjadi sel abnormal.

Sel normal akan tumbuh dan berkembang biak pada kecepatan tertentu, sementara sel abnormal akan tumbuh dan berkembang biak tanpa terkendali.

Jumlah sel abnormal yang terus bertambah tanpa terkendali akan membentuk tumor dan sel kanker yang muncul pun akan menyerang jaringan di sekitarnya. Sel ini dapat melepaskan diri dari lokasi awal danemnyebar ke bagian tubuh lainnya, proses ini disebut dengan metastasis.

Hampir semua kasus kanker serviks disebabkan oleh virus HPV (Human Papillomavirus), yang mana virus ini terdapat lebih dari 100 jenis dan sekitar 10 jenis HPV menyebabkan kanker serviks. Dua jenis yang paling umum yaitu HPV 16 dan HPV 18, jenis ini menjadi penyebab kanker serviks pada 70% wanita.

Kebanyakan virus HPV menyebar melalui hubungan seksual yang terjadi kontak langsung antara kulit kelamin, membran mukosa, atau pertukaran cairan tubuh, dan melalui seks oral. Setelah memulai hubungan seksual, diperkirakan 33% wanita akan terinfeksi HPV.

Siapa yang berisiko terkena kanker serviks ?

Setiap wanita dapat mengalami kanker serviks, meski demikian terdapat beberapa faktor yang meningkatkan resiko seorang wanita terkena kanker serviks, diantaranya :

  • Sering bergonta-ganti pasangan seksual

Umumnya virus HPV ditularkan melalui hubungan seksual. Untuk itu, bagi wanita yang sering bergonta-ganti pasangan sangat rentan tertular virus HPV.

Selain itu, sebuah penelitian membuktikan bahwa seorang wanita yang memiliki  partner seksual lebih dari 6 orang, memiliki risiko 10 kali lipat terserang kanker serviks.

  • Melakukan hubungan seksual pada usia dini

Jika Anda pernah melakukan hubungan seksual pada usia yang masih muda (dibawah 17 tahun), dimana pada usia ini sel belum tumbuh dengan sempurna, maka Anda memiliki resiko 2x lebih besar terserang kanker serviks.

  • Kebiasaan merokok

Wanita yang sering merokok memiliki resiko tinggi terkena kanker serviks atau kanker leher rahim. Karena zat nikotin yang ada pada setiap batang rokok dapat memicu terjadinya kanker termasuk kanker serviks.

  • Sistem imun tubuh yang lemah

Saat seorang wanita terkena infeksi virus HPV, hal ini tidak akan secara langsung menyebabkan kanker serviks ketika ia memiliki sistem imun yang kuat. Namun sebaliknya, jika sistem imun lemah akan memudahkan wanita terkena infeksi virus HPV.

  • Penggunaan Pil KB

Menggunakan pil KB dalam jangka panjang akan berdampak pada kesehatan Anda. Beberapa riset menunjukkan bahwa mengkonsumsi pil KB lebih dari 5 tahun akan meningkatkan resiko tinggi terkena kanker serviks. Daru riset yang dilakukan, resiko akan turun sendirinya setelah konsumsi pil KB

  • Riwayat Keluarga

Jika Anda memiliki keluarga yang terkena kanker serviks. Setidaknya risiko Anda untuk terkenan kanker serviks akan meningkat 2x lipat dibandingkan dengan yang tidak memiliki riwayat keluarga dengan kanker ini. Hal ini karena kelurga memiliki sistem imun yang sama, daya tahan tubuh dan faktor terinfeksi yang sama.

  • Melahirkan anak

Semakin banyak anak yang dilahirkan seorang wanita, maka resiko menderita kanker serviks semakin tinggi. Karena perubahan hormon ketika sedang hamil membuat leher rahim lebih rentan terkena infeksi HPV.

Jika Anda memiliki faktor-faktor resiko kanker serviks diatas, Anda harus waspada. Sebaiknya lakukan pencegahan kanker serviks agar Anda terhindar dari penyakit kanker yang satu ini.

Cara Mencegah Kanker Serviks

Langkah pertama untuk mencegah kanker serviks yakni dengan melakukan tes pap smear secara berkala. Dimana dengan tes pap smear ini, Anda akan tahu apakah Anda terkena kanker serviks atau tidak. Sehingga upaya pencegahan lainnya pun dapat dilakukan dengan lebih cepat.

Berikut beberapa cara mencegah kanker serviks yang bisa Anda lakukan yaitu :

  • Berhenti merokok.
  • Berhubungan seksual dengan aman, setia pada pasangan.
  • Melakukan vaksinasi HPV untuk mencegah terjadinya infeksi virus HPV.
  • Gunakan kondom ketika berhubungan seksual untuk mengurangi resiko tertular HPV.

Tidak hanya dengan cara-cara diatas, menerapkan pola hidup sehat seperti rutin berolahraga pun dapat Anda lakukan untuk mencegah kanker serviks. Yang mana cara ini juga dapat mencegah Anda agar terhindar dari jenis kanker lainnya seperti leukimia.

By Post :

Obat Kanker Serviks Alami

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*