Wajib Tahu! Inilah Perawatan Kanker Serviks Di Rumah

Bagi wanita yang pernah menderita kanker serviks, Perawatan Kanker Serviks Di Rumah sangat penting dilakukan. Hal ini bertujuan agar sel-sel kanker tidak tumbuh kembali atau tidak semakin menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Lalu, apa saja perawatan di rumah yang bisa penderita kanker serviks lakukan ? Simak penjelasannya disini.

Perawatan Kanker Serviks Di Rumah

Perawatan Kanker Serviks Di Rumah

Setelah melakukan pengobatan kanker serviks, penderita mungkin akan mengalami perasaan yang campur aduk. Penderita mungkin merasa lega telah berhasil menyelesaikan pengobatan, namun juga cemas akan kemungkinan kambuhnya kembali kanker.

Karena itu, untuk mengatasi hal tersebut. Penderita kanker serviks yang telah melakukan pengobatan, dianjurkan untuk menjalani perawatan kanker serviks. Dimana perawatan ini juga sekaligus untuk mencegah kanker serviks datang kembali.

Tanyakan pada dokter, perawatan apa yang bisa Anda lakukan. Kebanyakan dokter akan menyarankan agar wanita yang telah melakukan pengobatan kanker serviks untuk tetap menjalani tes pap smear secara rutin.

Disamping itu, Anda juga disarankan untuk Check-up atau pemeriksaan rutin ke dokter. Pasalnya, wanita yang pernah terkena kanker serviks memiliki risiko tinggi terkena kanker vagina.

Selain perawatan yang dianjurkan dokter, Anda juga bisa melakukan perawatan kanker serviks di rumah dengan cara sebagai berikut :

  1. Hindari Merokok

Rokok bersifat oksidatif yang dapat memicu sel kanker muncul kembali dan bertambah ganas. Karena itu, bagi wanita yang pernah menderita kanker serviks dianjurkan untuk selalu menghindari rokok dan asapnya.

  1. Menjaga Kebersihan Vagina

Penderita yang telah menyelesaikan pengobatan kanker serviks juga disarankan untuk selalu menjaga kebersihan vaginanya, khususnya ketika menstruasi dan keputihan.

Anda bisa menggunakan cairan antiseptik kewanitaan yang mengandung povidone iodine untuk menjaga kebersihan vagina.

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Menerapkan pola makan yang sehat juga penting untuk dilakukan wanita yang pernah menderita kanker serviks. Konsumsi makanan sehat dapat dimulai dengan mengkonsumsi banyak buah dan sayuran setiap harinya.

Disamping itu, sangat penting juga untuk menghindari makanan dengan kandungan kalori tinggi dan daging olahan. Hal ini berguna untuk mencegah Anda dari risiko terkena jenis kanker lainnya.

  1. Menjaga Berat Badan Ideal

Selalu menjaga berat badan juga dapat membantu Anda untuk menurunkan risiko kanker jenis lain sekaligus mencegah kanker serviks datang kembali.

Menjaga berat badan bisa Anda lakukan dengan membiasakan diri melakukan aktivitas fisik atau berolahraga secara teratur, seperti berjalan kaki sekitar 30 menit perhari atau 150 menit olahraga aerobik per minggu.

  1. Mengkonsumsi Ramuan Tradisional

Dalam perawatan yang satu ini, Anda dapat memilih tanaman tradisional seperti daun sirsak, kulit manggis, kunyit putih, sarang semut, keladi tikus atau daun belimbing untuk membantu dalam mencegah kanker serviks datang kembali.

Untuk membuat ramuan dari tanaman-tanaman tradisional diatas, Anda dapat mengunjungi artikel kami yang berjudul tanaman untuk mengatasi kanker serviks untuk mengetahui cara pengolahannya.

Demikian artikel sederhana kami seputar Perawatan Kanker Serviks Di Rumah. Semoga artikel yang telah kami sampaikan ini dapat membantu Anda agar dapat sembuh secara total dari kanker serviks.

Dipersembahkan oleh :

Perawatan Kanker Serviks Di Rumah

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*