Tips Mudah Menjaga Kesehatan Rahim Sejak Dini

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Rahim Sejak Dini ,- Sangat penting bagi para wanita untuk mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan rahim mereka.

Pasalnya, rahim ini merupakan aset bagi mereka untuk memperoleh keturunan. Rahim ini ibarat enjin bagi wanita. Bila rahimnya sehat, tentu tubuh wanita tersebut pun akan sehat.

Nah, ingin bagaimana cara menjaga kesehatan rahim ini ? Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Rahim Sejak Dini

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Rahim Sejak Dini

Rahim merupakan salah satu organ yang berada di dalam sistem reproduksi wanita. Dimana organ ini terletak di bagian tengah dari rongga panggil, tepatnya di belakang kandung kemih dan di depan rektum.

Organ yang sering disebut dengan uterus ini memiliki fungsi yang beragam, salah satunya sebagai tempat penyimpan zigot (hasil pembuahan sel telur oleh sperma) yang nantinya akan berkembang menjadi janin selama kehamilan.

Mengingat fungsinya yang begitu penting, maka dari itu kita sebagai wanita harus menjaga rahim agar tetap sehat. Berikut beberapa tips menjaga kesehatan rahim yang mudah dilakukan, yakni :

  1. Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

Tidak banyak orang yang menyadari jika berat badan yang berlebih dapat mempengaruhi ovulasi dan produksi hormon. Disamping itu, kelebihan berat badan juga dapat meningkatkan kelembapan organ intim dan memudahkan pertumbuhan bakteri atau jamur.

Maka dari itu, menjaga berat badan agar tetap ideal adalah salah satu cara paling mudah dalam menjaga kesehatan organ reproduksi wanita.

  1. Pertimbangkan Untuk Menggunakan Alat Kontrasepsi

Tips menjaga kesehatan rahim selanjutnya yaitu dengan melindungi diri sendiri dari penyakit menular seksual, mengunakan alat kontrasepsi seperti kondom dapat membantu  mengurangi risiko terkena penyakit tersebut.

Alat kontrasepsi juga dapat membantu mengurangi risiko kehamilan yang tidak direncanakan. Terdapat berbagai pilihan kontrasepsi, mulai dari kontrasepsi hormonal, intrauterine, penghalang, hingga sterilisasi.

  1. Hindari Kebiasaan Menahan Buang Air Kecil

Sebaiknya hindari untuk menunda-nunda buang air kecil. Pasalnya menahan urine yang mengandung banyak bakteri bisa mengakibatkan infeksi saluran kemih, yang kemudian infeksi dapat menjalar ke vagina dan daerah panggul jika sudah terakumulasi.

Selain itu, menahan buang air kecil juga dapat membuat saluran kemih sering membesar. Hal ini dapat mengakibatkan adanya tekanan pada rahim. Tekanan yang terus-menerus dapat membuat rahim bergeser dari posisi yang semestinya.

  1. Hindari Duduk Terlalu Lama

Ketika pekerjaan di kantor sedang padat, usahakan untuk rutin berdiri dan berjalan-jalan sejenak. Mengapa ? Karena kebiasaan duduk terlalu lama ini dapat mengganggu kesehatan organ reproduksi wanita, termasuk rahim.

Duduk terlalu lama dapat menghambat aliran darah di daerah panggul, yang akhirnya akan menyebabkan dinding rahim menjadi lebih tebal dan berpotensi menyebabkan endometriosis. Untuk itu, usahakan untuk berdiri setidaknya setiap 1 jam sekali, dengan jeda waktu 5-10 menit.

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Biasakan untuk mengkonsumsi makanan sehat dalam keseharian. Dengan mengkonsumsi cukup aneka sayuran, buah, biji-bijian utuh, protein, serta lemak sehat.

Sebuah penelitian terbaru menemukan jika wanita yang terlalu banyak mengkonsumsi dagin merah lebih berisiko terkena fibroid (tumor jinak di otot rahim), jika dibandingkan dengan wanita yang rutin mengkonsumsi sayuran hijau.

  1. Tidur Yang Cukup

Sering begadang dan membuat pola tidur menjadi tidak teratur merupakan salah satu hal yang bisa mengganggu siklus hormon wanita. Untuk itu, perhatikan pola tidur anda. Cobalah untuk tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari, termasuk di akhir pekan.

Dengan demikian, hormon di dalam tubuh pun akan menjadi lebih stabil. Kestabilan inilah yang turut berpengaruh pada hormon reproduksi wanita. Sehingga fungsi rahim pun akan menjadi lebih sehat.

  1. Rutin Berolahraga

Terdapat beragam manfaat olahraga yang bisa dirasakan baik dalam jangka pendek ataupun dalam jangka panjang. Selain bermanfaat untuk kesehatan fisik, olahraga secara teratur juga bermanfaat bagi kesehatan rahim wanita.

Disamping itu, dengan berolahraga secara rutin juga dapat membuat penampilan wanita menjadi terlihat cantik dan bugar. Olahraga juga dapat mengatasi pre menstruasi syndrome yang sering terjadi sebelum wanita menstruasi.

  1. Periksa Kesehatan Secara Berkala

Memeriksakan kesehatan secara teratur akan membuat penyakit serius lebih cepat terdeteksi dan ditangani. Hati-hati dengan gejala yang tidak biasa seperti ruam pada miss v, muncul benjolan, hingga rasa nyeri yang tidak normal.

Segera konsultasikan ke dokter jika Anda merasa khawatir dengan kesehatan organ reproduksi Anda. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang lainnya seperti pemeriksaan TORCH, USG, dan papsmear.

Lebih dari sekedar menjaga kesehatan rahim, menjalani beberapa tips diatas juga dapat membuat wanita mempunyai kemampuan dan kebebasan dalam bereproduksi serta memiliki kehidupan seksual yang memuaskan.

Tidak hanya itu saja, dengan melakukan beberapa tips tersebut juga, Anda dapat terhindar dari penyakit berbahaya yang dapat menyerang kesehatan rahim, seperti kanker serviks, PCOS, dan endometriosis.

Demikianlah artikel kami terkait tips mudah menjaga kesehatan rahim, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah referensi Anda dalam menjaga rahim agar tetap sehat.

Jika bisa sekarang, kenapa harus tunggu nanti. Yuk! Lakukan tips menjaga kesehatan rahim yang telah disebutkan diatas dan jaga rahim Anda dari kondisi yang tidak dinginkan. Karena mencegah itu lebih baik daripada mengobati..!!

By post. obatkankerserviksalami.com

1 Trackback / Pingback

  1. Khasiat Zedoril-7 Dalam Pengobatan Kanker Serviks

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*